INOVASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENGEMBANGAN MODEL CONSTRUCTIVISM PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.746

Authors (s)


(1) * Syaifuddin Syaifuddin   (Pascasarjana Instiut Agama Islam Nurul Jadid Probolinggo)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


So far, the methods used by teachers in the learning process tend to conventional teaching methods which only includes students come , sit, write material that has been written by the teacher on the board , listening to the teacher explaining the material and do the work , using the lecture method . The impact, learning tends to be passive and bored quickly. This kind of learning situation is almost no opportunity for students to express their creativity, so the quality of the quality of learning also becomes low. Constructivism learning model seems to be one of the answers to these problems. Therefore, in this learning model students are preferred. Teaching and learning process in constructivism model student centered more colored than teacher centered. Constructivism model is more empowering for the class as a learning centered not for teaching; not teaching process but learning process. This is in accordance with the curriculum 2013, is autenthic assessment; assessment process and results.


Keywords

Innovation, Constructivism, Islamic Education



Full Text: PDF



References


Abbas dan Suyanto. 2004. Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharun, H., 2017. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. CV Cantrik Pustaka, Yogyakarta.

Baharun, H., 2016. Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Model. J. Progr. Stud. PGMI 3, 205–2016.

Baharun, H., 2017. Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI. CV Cantrik Pustaka, Yogyakarta.

Baharun, H., 2016. Penilaian Berbasis Kelas pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Model. J. Progr. Stud. PGMI 3, 205–2016.

Baharun, H., & Mundiri, A. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Ar-Ruzz Media (1st ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Bahan TOT Kurikulum 2013. 2013. Bandung.

Budiningsih, Asri C. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Daradjat, Zakiah. 1984. Dasar-Dasar Agama Islam: Buku Teks PAI pada Perguruan Tinggi Umum. Jakarta: Bulan Bintang.

______________. 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

______________. 2001. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam.Jakarta: Bumi Aksara.

Islam, S., 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 1, 89–101.

Islam, S., 2017. Karakteristik Pendidikan Karakter; MenjawabTantangan Multidimensional Melalui Implementasi Kurikulum 2013 1, 89–101.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.

Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruseffendi. 1988. dalam http:// model pembelajaran- konstruktivisme Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Rusman. 2013. Model - Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Mundiri, A. (2017). Organizational Culture Base On Total Quality Management In Islamic Educational Institution. ADRI International Journal Of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 1–11.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Corak Representasi Identitas Ustadz dalam Proses Transmisi Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No, 21–35.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.

Standar Nasional Pendidikan (SNP). 2006. Jakarta: Asa Mandiri. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik: KonsepLandasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

---------. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wilis, Ratna. 2002. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

http. Direktori FIP/JUR/administrasi pendidikan/udin saefudin saud/

http://journal424.wordpress.com/2013/02/10/dasar-yuridis-pendidikan-dasar-dan-implikasinya-dalam-kebijakan-pemerintah/

http://sunardins.blogspot.com/2012/09/inovasi-pembelajaran-pendidikan-agama.html,

http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/07/teori-belajar-konstruktivisme.

html,http://ibnsyam.blogspot.com/2012/05/hakikat-dan-metodologi-pembelajaran-pai.html,

http://anananga.blogspot.com/2011/01/pendidikan-agama-dan-keagamaan.html,

http://www.bintangbangsaku.com/artikel/standar-proses-permendiknas-no-41-tahun-2007,

http://isyemetriah.blogspot.com/diakses jum’at,


Article View

Abstract views : 797 times | PDF files viewed : 433 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/edureligia.v1i2.746


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syaifuddin Syaifuddin

Creative Commons License
 

Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Fakultas Agama Islam, Universitas Nurul Jadid, Probolinggo, East Java, Indonesia.