Ahmad Al-Hasyimi . al-Qawa‘id al-Asasiyyah li al-Lugat al-‘Arabiyyah, (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah).
Ali Mudlofir, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)
Azhar Arsyad, Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya, (Surabaya: Pustaka Pelajar, 2003), 2
Basiran. Mokh. 1999. Apakah yang dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud
Busyairi Madjidi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, (Yogyakarta: Sumbangsih Offset, 1994).
Depdiknas, 2002. Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas
Degeng, I.N.S.1997. Strategi Pembelajaran Mengorganisasi Isi dengan Model Elaborasi. Malang: IKIP dan IPTDI
Depdikbud. 1995. Pedoman Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1990), hlm. 664.
Elaine. B.Johnson,PhD. Contextual Teaching And Learning, (Bandung:Mizan Learning Center,2009).
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Bandung: PT Remaja Rosda karya, 2003), hlm. 235
Hasanah, Siti Uswatun. Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah https://goenable.wordpress.com. (diakses pada 28 Mei 2020, pukul 14.35)
Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Mulyono, 2018. Strategi Pembelajaran Di Abad Digital, Yogyakarta: Gawe Buku
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia: Jakarta.
Saleh, S., & Sugito, S., Implementasi metode bermain peran untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di TK Barunawati. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 85-93. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/4845. 2015, h. 1
Solatun. Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Fiqih di MI Ma’arif Madusari Secang Magelang. IAIN Semarang. Skripsi.2010
Syaiful Mustafa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, (Malang: UIN MALIKI PRESS, 2011).
Sugiyono, 2005. Metode penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta
Tamaji, Sampiril T. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL). Artikel UM. Malang
Thobroni, M. Dan Musthofa A. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.
Thahroni Taher, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013), hlm. 2
Trianto, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivitsik, (Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.BAB I.
Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Whitney, F. 1960. The Element Of Research. New York: Prentice-Hal,Inc