ANALISIS PROSES PERKULIAHAN DI STMIK JABAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
AbstractProses perkuliahan di STMIK Jabar selama masa pandemi Covid-19 dilaksanakan dengan berbasis jaringan atau pembelajaran daring (online learning). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala yang dihadapi maupun nilai-nilai positif dari proses perkuliahan tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus eksploratif dan metode kualitatif, responden diambil dari beberapa dosen dan mahasiswa pada perkuliahan semester genap 2019/2020. Daftar pertanyaan disusun dan dikembangkan sesuai literatur terkait untuk wawancara semi-tesruktur. Hasil penelitian menunjukan adanya respon yang baik dari dosen dan mahasiswa dengan melakukan penyesuaian terhadap bahan dan media pembelajaran. Ditemukan juga beberapa kendala seperti jaringan, kuota internet dan sarana lainnya yang sangat berpengaruh terhadap efektivitas proses perkuliahan.
|
Keywords
Full Text:
References
Arikunto, P. D. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsendy, S., Sukoco, G. A., & Purba, R. E. (2020, May 2). Riset dampak COVID-19: potret gap akses online ‘Belajar dari Rumah’ dari 4 provinsi. Retrieved from The Conversation Website: https://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534
Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 28–38.
Diningrat, S. W. (2020, April 9). Tiga langkah strategis untuk dukung budaya pembelajaran daring pasca COVID-19. Retrieved from The Conversation Website: https://theconversation.com/tiga-langkah-strategis-untuk-dukung-budaya-pembelajaran-daring-pasca-covid-19-135337
Kemenkes. (2020, April 26). Ikuti Kursus Online OpenWHO Dalam Respon Pengendalian COVID-19. Retrieved from Media Informasi Terkini Resmi Penyakit Infeksi Emerging: https://covid19.kemkes.go.id/warta-infem/ikuti-kursus-online-openwho-dalam-respon-pengendalian-covid-19/#.Xs4EjGgzbIU
Machmud, M. (2016). Tuntunan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Selaras.
Mahesa, E. (2020). Coronavirus: covid-19 has killed more people yhan SARS and MERS combined, despite lower case fatality rate. The BMJ, 150-159.
Maria, H. (2015, Juni 24). Kuantitatif VS Kualitatif. Retrieved from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/honey95t/552af9cbf17e61b95cd623bd/kuantitatif-vs-kualitatif
Muali, C., Islam, S., Bali, M. M. E. I., Hefniy, H., Baharun, H., Mundiri, A., … Fauzi, A. (2018). Free Online Learning Based on Rich Internet Applications; The Experimentation of Critical Thinking about Student Learning Style. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1114, pp. 1–6). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012024
Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi Exploratory Research In Communication Study. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 65-74.
Rukmini, E., & Inderawati, M. M. (2020, May 12). Riset: online learning sebagai masa depan pendidikan tinggi Indonesia selepas pandemi. Retrieved from The Conversation Website: https://theconversation.com/riset-online-learning-sebagai-masa-depan-pendidikan-tinggi-indonesia-selepas-pandemi-138214
Unesco. (2020, May 25). COVID-19 Educational Disruption and Response. Retrieved from UNESCO Building peace in the minds of men and women: https://en.unesco.org/covid19/educationresponse
10.33650/pjp.v7i2.1231 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Edi Firdaus, Syamsu Yusuf
This work is licensed under a CC BY-SA
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.