PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDSN KALIBATA 11 PAGI

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1273

Authors (s)


(1)  Suci Aamlia Cahyani   (Universitas Trilogi Jakarta)  
        Indonesia
(2) * Febrianti Yuli Satriyani   (Universitas Trilogi Jakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum di Indonesia selalu berkembang dan diperbaharui sesuai dengan kebutuhan dan tantangan pendidikan nasional. Kurikulum 2013 (K13) merupakan kurikulum penyempurnaan dari  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di tahun 2006 yang mengalami penyempurnaan pada standar kompetensi lulusan, isi, proses, dan penilaian. Pada Kurikulum 2013 dikenal beberapa ciri khas yaitu, pembelajaran tematik integratif, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik. Penerapan Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dimulai pada sekolah yang memiliki akreditasi “A”. Tujuan penelitian ini adalah, (1) menjelaskan penerapan Kurikulum 2013 di SDSN Kalibata 11 Pagi dan (2) menjelaskan implikasi dari penerapan Kurikulum 2013 di SDSN Kalibata 11 Pagi dimana implikasi tersebut difokuskan dalam tiga aspek yaitu pelaksanaan: tematik integratif, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan K13 di SDSN Kalibata 11 Pagi telah berjalan dengan baik terutama pada aspek penguatan pendidikan karakter di seluruh jenjang kelas baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Implikasi dari penerapan K13 melalui pelaksanaan tematik integratif, pendekatan saintifik, dan penilaian autentik adalah, (1) meningkatnya pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun administrasi pembelajaran (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan mengimplementasikan pembelajaran bermakna, (2) meningkatnya keaktifan dan semangat belajar siswa sehingga hasil belajar meningkat dan karakter positif siswa semakin kuat.


Keywords

Kurikulum 2013, Tematik Integratif, Pendekatan Saintifik, Penilaian Autentik



Full Text: PDF



References


Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Jurnal Pedagogik, 4(2), 211–227. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19

Bali, M. M. E. I. (2020). Tipologi Interaksi Sosial dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 4). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i1.1157

Dakir. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya di Sekolah dan Madrasah. K-Media.

Dakir, & Anwar, H. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren Sebagai Core Value; Dalam Menjaga Moderasi Islam Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 495–517.

Dakir, & Elbadiansyah. (2011). Mutu Pendidiakn pada Perguruan Tinggi Keagamaan: Dari Manajemen Kelembagaan Hingga Konstruksi Kurikulum Interrelasi. MUADDIB:Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 47–66. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7n1.2017.47-66

Machali, Imam. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 Dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, IV(1). Diakses Pada 27 Oktober 2019.

Mudjiono, Dimyati. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustari, Mohammad. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Ruliansyah, Anwar. (2014). Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Journal Binus, 5(1). Diakses Pada 26 Oktober 2019.

Setyaningsih, Nunie. (2015). Evaluasi Kompetensi Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Di SD Negeri Kejambon 2 Kota Tegal.

Sinambela, Pardomuan. (2017). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal.Unimed.Ac.Id. Diakses Pada 07 Oktober 2019.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wirianto, Dicky. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum Di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1). Diakses Pada 20 Oktober 2019.

Yusuf, Wiwin Fachrudin. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2). Diakses pada 19 Oktober 2019.

Zamroni, Z. (2015). Pendidikan Islam Berorientasi Masa Depan; Konsep Pendidikan Ulul Albab Perspektif Imam Suprayogo. At-Turas; Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 52–65.


Article View

Abstract views : 86 times | PDF files viewed : 60 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1273


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Suci Aamlia Cahyani, Febrianti Yuli Satriyani


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.