PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v1i1.14

Authors (s)


(1) * Hasan Baharun   ()
(*) Corresponding Author

Abstract


Active learning approach is implemented on a morality of learning Aqidah Akhlaq learning invites students to actively learn. When students learn
actively, meaning they dominate the learning activity, so with this activity
students actively use the brain, either to find the main ideas, solve
problems, or apply what they had learned into a problem that exists in real
life. Through active learning approach this addition, students are invited
to participate in the learning process, not only mentally but also physically
involved. In this way students will typically feel more pleasant atmosphere
so that the learning outcomes can be maximized.





Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)



References


Ahmadi Abu, & Joko Tri Prasetyo, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung :

Pustaka Setia, 2005).

Arifin, Zaenal, Evaluasi Intruksional Prinsip Teknik Prosedur, (Bandung :

Remaja Rosdakarya, 1991).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta :

Rineka Cipta, 2002).

Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta :

Direktorat Pendidikan Keagamaan, 2002).

Ed, Ellys J., Kiat-Kiat Meningkatkan Potensi Belajar Anak, (Bandung : Pustaka

Hidayah, 2004).

Hamdani, A. Saepul, Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada

Pembelajaran PAI (Surabaya: NIZAMIA Jurnal Pendidikan dan

Pemikiran Islam: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya)

Kolidin, dkk, Peningkatan Motivasi Belajar Murid Kelas IV Melalui Metode

Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 04 Sadaniang, dalam Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran, Vol 2, No 8, Agustus 2013

Maisaroh dan Rostrieningsih, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan

Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team

Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1

Bogor, dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2,

November 2010.

Maisaroh dan Rostrieningsih, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan

Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team

Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1

Bogor, dalam Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2,

November 2010.

Mustafa, dkk, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head

Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Penguasaan Konsep

Matematika, dalam JURNAL PTK DBE3 (Decentralized Basic Education

, ISSN : 2088-091X, No. 01, Februari 2011.7

Nurdin, Syafrudin, dan Basyiruddin Usman, Guru Professional dan Implementasi

Kurikulum, (Jakarta : Ciputat Pers, 2002).

Permenag Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan

Standar Isi

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran,

(Bandung : Remaja Rasdakarya, 2002).

Saleh, Abdul Rahman, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa,

(Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006).


Article View

Abstract views : 1538 times | PDF (Bahasa Indonesia) files viewed : 27253 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v1i1.14


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Hasan Baharun


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.