ANALISIS KEMAMPUAN OPERASI LOGIK SISWA SMA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA PADA TAHAP OPERASIONAL FORMAL

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1516

Authors (s)


(1) * Nur Inayah Syar   (IAIN Palangkaraya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi logik siswa pada tahap perkembangan kognitif operasional formal dalam mata pelajaran fisika. Adapun populasi penelitian adalah sejumlah 1458 orang siswa dan sampelnya sejumlah 207 orang siswa yang berasal dari enam sekolah yang berbeda dengan menggunakan Cluster Are Sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian tes operasional formal dalam bentuk operasi logik yang telah valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Kabupaten Bulukumba belum memasuki periode operasional formal dalam tingkat perkembangan kognitifnya. Berdasarkan keempat jenis operasi logik, urutan operasi yang paling dikuasai siswa yaitu operasi hipotetik-deduktif, refleksif, kombinatorial dan terakhir proposisional. Data-data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan usia tidak mempengaruhi tingkat perkembangan kognitif siswa seperti apa yang dipaparkan oleh Piaget.




Keywords

Kognitif, Operasi Logik, Opersional Formal, Piaget



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 1206 times | PDF files viewed : 928 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1516


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Inayah Syar


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.