Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Astini, R. (2017). Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa Kota di Kecamatan Sandubaya dengan Prestasi Belajar Siswa Desa di Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Mataram, Mataram.
Bujuri, D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9, 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Dahar, R. W. (1991). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27–38.
Juwantara, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9, 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Martawijaya, M. A., Haris, A., Asriadi, A., Umrawati, & Utami, L. (2012). Peranan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Tingkat Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran Fisika pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 8(3), 217–223.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 89–99.
Natsir, M. (2004). Strategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Pambudi, A. S., & Wasis, -. (2013). ANALISIS KESESUAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKA PADA MATERI KEMAGNETAN DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 BABAT. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/2997
Purnamasari, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124–132.
Rahmawati, K. N., & Kurniasari, I. (2016). Profil Berpikir Logis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Test Of Piaget’s Logical Operations (TLO) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Mathedunesa, 3(5), 200–209.
Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi dan Menjelaskan Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 111–118.
Setianingsih, E. (2016). Hubungan antara Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
Suparno, P. (2006). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Syamsuddin, A. (2003). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syar, N. I., & Hamidah, I. (2015). Studi Literasi Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Cuaca Menggunakan 4 Steps Teaching Material Development (4S TMD). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Presented at the Bandung. Bandung.