ANALISIS KEMAMPUAN OPERASI LOGIK SISWA SMA DALAM MATA PELAJARAN FISIKA PADA TAHAP OPERASIONAL FORMAL

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1516

Authors (s)


(1) * Nur Inayah Syar   (IAIN Palangkaraya)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan operasi logik siswa pada tahap perkembangan kognitif operasional formal dalam mata pelajaran fisika. Adapun populasi penelitian adalah sejumlah 1458 orang siswa dan sampelnya sejumlah 207 orang siswa yang berasal dari enam sekolah yang berbeda dengan menggunakan Cluster Are Sampling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian tes operasional formal dalam bentuk operasi logik yang telah valid dan reliabel untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA di Kabupaten Bulukumba belum memasuki periode operasional formal dalam tingkat perkembangan kognitifnya. Berdasarkan keempat jenis operasi logik, urutan operasi yang paling dikuasai siswa yaitu operasi hipotetik-deduktif, refleksif, kombinatorial dan terakhir proposisional. Data-data tersebut menunjukkan bahwa peningkatan usia tidak mempengaruhi tingkat perkembangan kognitif siswa seperti apa yang dipaparkan oleh Piaget.




Keywords

Kognitif, Operasi Logik, Opersional Formal, Piaget



Full Text: PDF



References


Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Astini, R. (2017). Studi Komparatif Prestasi Belajar Siswa Kota di Kecamatan Sandubaya dengan Prestasi Belajar Siswa Desa di Kecamatan Narmada Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Mataram, Mataram.

Bujuri, D. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9, 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Dahar, R. W. (1991). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27–38.

Juwantara, R. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9, 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Khadijah. (2016). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Martawijaya, M. A., Haris, A., Asriadi, A., Umrawati, & Utami, L. (2012). Peranan Strategi Pembelajaran Berdasarkan Tingkat Perkembangan Kognitif dalam Pembelajaran Fisika pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 8(3), 217–223.

Mu’min, S. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 89–99.

Natsir, M. (2004). Strategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Pambudi, A. S., & Wasis, -. (2013). ANALISIS KESESUAIAN PROSES BELAJAR MENGAJAR FISIKA PADA MATERI KEMAGNETAN DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DI SMP NEGERI 1 BABAT. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/2997

Purnamasari, A. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 124–132.

Rahmawati, K. N., & Kurniasari, I. (2016). Profil Berpikir Logis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Test Of Piaget’s Logical Operations (TLO) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: Mathedunesa, 3(5), 200–209.

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi Kemampuan Kognitif Siswa terhadap Kemampuan Memprediksi, Mengobservasi dan Menjelaskan Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 111–118.

Setianingsih, E. (2016). Hubungan antara Penalaran Formal dengan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VIII MTsN Model Makassar Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Suparno, P. (2006). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Syamsuddin, A. (2003). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syar, N. I., & Hamidah, I. (2015). Studi Literasi Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu dengan Tema Cuaca Menggunakan 4 Steps Teaching Material Development (4S TMD). Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015). Presented at the Bandung. Bandung.


Article View

Abstract views : 51 times | PDF files viewed : 27 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1516


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Inayah Syar


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.