Amirin, T., M. (2012). Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesi. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 1(1), 1-16,
https://scholar.google.co.id/scholar?start=20&q=kearifan+lokal&hl=en&as_sdt=0,5.
Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal melalui Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2), 106-119,
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/viewFile/3663/3670.
Atmanti, H., D. (2005). Investasi Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan. Dinamika Pembangunan, 2(1), 30-39,
http://eprints.undip.ac.id/16864/1/Investasi_Sumber_Daya_Manusia_Melalui_Pendidikan....by_Hastarini_Dwi_Atmanti_(OK).pdf.
Bali, M. M. E. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Fan N Pick dan Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Manajemen FE UM.
Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Pedagogik, 04(02), 211–227.
Bali, M. M. E. I. (2018). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Probolinggo: Pustaka Nurja.
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika, 1(2), 123-130,
https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/48898459/1225- 2137-1-SM.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1543032675&Signature=bXXXNsAa0XGZ%2B8lbGkTI%2B6C449s%3D&response-contentdisposition=inline%3B%20filename%3DJurnal_umum.pdf.
Jati, W., R. (2013). Kearifan Lokal Sebagai Resolusi Konflik Keagamaan. Walisongo, 21(2), 293-416,
http://www.journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/download/251/232.
Pattinama, M., J. (2009). Pengentasan Kemiskinan dengan Kearifan Lokal (Studi Kasus di Pulau Buru-Maluku dan Surade-Jawa Barat). Makara Sosial Humaniora, 13(1), 1-12,
http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/2/e98e701d3488e758e71344d4c5a109bd7770dbd0.pdf.
Permana, R., C., Nasution, I., P., dan Gunawijaya, J. (2011). Kearifan Lokal tentang Mitigasi Bencana pada Masyarakat Baduy. Makara Sosial Humaniora, 15(1), 67-76,
http://hubsasia.ui.ac.id/old/index.php/hubsasia/article/viewFile/954/46.
Raharjo, S., B. (2012). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532, https://journal.uny. ac.id/index.php/jpep/article/viewFile/1129/2819.
Sihabudin, A. (2013). Literasi Media dengan Memberdayakan Kearifan Lokal. Jurnal Communication, 4(2), 1-9,
https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/viewFile/55/46.
Suti, M. (2011). Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Medtek, 3(2), 1-6,
https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/35942976/Jurnal_Pak_Marsus_Suti.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A&Expires=1543037981&Signature=6rymMOUq6k3iV01UWm1vfahOU3M%3D&response-content disposition=inline%3B%20filename%3DJurnal_Pak_Marsus_Suti.pdf
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Utari, U., Degeng, I., N., S., dan Akbar, S. (2016). Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39-44, http://journal.um.ac.id/index.php/jtppips/article/download/5861/2413.