HUKUMAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v4i1.6

Authors (s)


(1) * Ummi Sa’adah   ()  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is motivated by pesantren phenomenon known as educational institution which use punishment as a method to educate students. One of the pesantren that apply the penalty for improving discipline students is Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. The focus of this research is the application of punishment and its impact on the discipline of santri. This research uses qualitative approach of case study type. The results showed that: 1) Planning of punishment program is done through recruitment, education and training and mentoring to pesantren board. 2) The punishment program is adjusted for the severity of the violation committed by the students. 3) Evaluation of punishment program is done through; direct and indirect supervision, coordination with central security.




Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)



References


Abdullah Nashih Ulwan. 1993. Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang, CV Asy-Syifa, Jilid II.

Ali al-Jumu’ah.t.th. Tasyri’ al-Janani fi al-Islam, Beirut, Darul Fikr.

Al-Qur’an dan Terjemahnya, Departemen Agama RI, (Bandung: J-Art, 2005).

Anita Woolfolk. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition, terj: Helly Prajitno S dan Sri Mulyantini S, Yogjakarta, Pustaka Pelajar.

Arief Subhan. 2012. Lembaga Pendidikan Islam Indonesia Abad ke-20 Pergumulan Antara Modernisasi dan Identitas, Jakarta, Kencana.

Ariesandi. 2008. Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Babun Suharto, 2011. Dari Pesantren Untuk Umat; Reinventing Eksistensi Pesantren di Era Globalisasi.Surabaya, Imtiyaz.

Baharun, H. (2012). Desentralisasi Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Sistem Pendidikan Islam. Jurnal At-Tajdid, 1(2).

Baharun, H., & Mundiri, A. (2011). Metodologi Studi Islam: Percikan Pemikiran Tokoh Dalam Membumikan Agama. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Didin Kurniadin dan Imam Machali.2012. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Yogjakarta, Ar-Ruzz Media.

E. Mulyasa. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Hasan Langgulung. 1989. Asas-Asas Pendidikan Islam, Jakarta, Pustaka Al-Husna Baru.

Hasyim Asy’ari, t.th. Adab al-‘Alim wa al-Muta’alim, Jombang, Maktabah al-Turats al-Islami.

Ibn Khaldun. 2000. Muqaddimah, Dar al-Shadir, cet. I.

John M. Echols dan Hasan Syadily. 2000. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta, Gramedia.

Mantja Willem. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia di Sekolah Dasar, Malang, IKIP Malang.

Mujamil Qomar. 2002. Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi,Jakarta, PT Erlangga.

M.Ngalim Purwanto. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung, Sinar Baru Algensindo.Nana Syaodih Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Nasution. 1991. Metode Research, Bandung, Jemmars.

Ngalim Purwanto. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Bandung, Remaja Rosdakarya Offset.

Rusdiana Hamid. “Reward dan Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Ittihad Jurnal Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Vol. 4 No.5 (April 2006).

Siggih D. Gunarasa, 1993.Psikologi Untuk Membimbing, Jakarta, Rineka Cipta,

Sirojuddin Ar. 1994. Ensiklopedi Islam: 4, Jakarta, PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Slameto. 1988. Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara.

Sri Minarti. 2013. Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoritis-Filosofis & Aplikatif-Normatif, Jakarta, Amzah.

Sugiyono.2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung, Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 1990, Manajemen Pengajaran secara Manusiawi, Jakarta, Rineka Cipta.

__________________ 2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2011. Psikologi Belajar Edisi Revisi, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa, Jakarta, PT Gramedia.

Winarno Surahman. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiyah, Dasar Metode dan Teknik, Bandung, Transito.


Article View

Abstract views : 1373 times | PDF (Bahasa Indonesia) files viewed : 2386 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v4i1.6


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ummi Sa’adah


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.