PENGGUNAAN BOOK OF SEX EDUCATION ANIMATED CARTOONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKS SISWA SEKOLAH DASAR

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1141

Authors (s)


(1) * Mimin Ninawati   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(2)  Nur Wahyuni   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(3)  Zulfadewina Zulfadewina   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak kasus kejahatan seksual pada anak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebab tingginya kasus kejahatan seksual pada anak adalah tidak adanya pendidikan seks sejak dini baik dalam keluarga maupun di sekolah. Pendidikan seks pada anak harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan menggunakan cara dan media yang mudah dipahami oleh anak. Pendidikan seks pada siswa sekolah dasar sebagian besar mengenai cara kita menjelaskan tentang bagian tubuh dan fungsi tubuh, bagaimana kita mengajar anak-anak untuk merawat, menghargai, dan melindungi tubuhnya, dan ketika kita mempersiapkan anak kita untuk pubertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan book of sex education animated cartoons untuk meningkatkan pemahaman seks siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest one group design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji komparasi dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman seks siswa sebelum dan setelah penggunaan buku ini. Penggunaan buku ini efektif untuk meningkatkan pemahaman seks siswa sekolah dasar..



Keywords

Buku, Pendidikan Seks, Sekolah Dasar



Full Text: PDF



References


Anggraini dkk. (2017). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini: Aku dan Diriku. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2).

Ardianti, S. D. & Ristiyani. (2017). Pemahaman Pendidikan Seks Usia Dini melalui Modul Anggota Tubuh Manusia. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 65-70.

Bali, M. M. E. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 29–42.

Bali, M. M. E. I., Zuhri, R. A. A., & Agustini, F. (2019). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Desain Produksi dan Implementasinya di Madrasah Ibtidaiyah. Pustaka Nurja. Probolinggo: Pustaka Nurja. Retrieved from https://lp3m.unuja.ac.id/bas/ikehiihhjag.html

Jawapos. (2017). Tahun 2017, KPAI Temukan 116 Kasus Kekerasan Seksual terhadap Anak. Tanggal terbit 27 September 2017. (online), www.jawapos.com/nasional/27/09 /2017/tahun-2017-kpai-temukan-116-kasus-kekerasan-seksual-terhadap-anak.

KBBI. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ninawati, M. (2018). Pengembangan Konsep Sex Education untuk Meningkatkan Pemahaman Seks pada Siswa Sekolah Dasar di SDN Cipete Utara 15 Pagi. Jurnal Indria, 2(2), 13-17.

Ochigu, I. N. (20011). Impact of Timing of Sex Education On Teenage Pregnancy In Negeria: Cross-Sectioal Survey of Secondary School Student. Jurnal Community Health, 36(3), 375-380.

Permatasari, E. & Ginanjar, S. A. (2017). Gambaran Pemahaman Anak Usia Sekolah Dasar tentang Pendidikan Seksual dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak.

Probosiwi, R. & Daud Bahransyaf. (2015). Pedofilia dan Kekerasan Seksual: Masalah dan Perlindungan terhadap Anak. Sosio Informa, 1(1), Januari-April.

Puspita, A. M. I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Berbantuan Buku Teks Berbasis Kontekstual untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1880-1883.

Ratnasari, R. F. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi Khatulistiwa, 2(2).

Reiss, M. & Halstead, J. M. (2004). Sex Education Nilai dalam Pendidikan Seks bagi Remaja dari Prinsip ke Praktik. Yogyakarta: Alenia Press.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, Edisi Kesebelas Jilid 1. Diterjemahkan oleh Mila Rachmawati. Jakarta: Erlangga.

Sudiana, I. N. (2014). Kenakalan Remaja di Pemukiman Kumuh Kampung Morokrembangan Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 10(18).

Wahid, A. H., Najiburrahman, Rahman, K., Faiz, Qodriyah, K., Hambali, … Muali, C. (2020). Effectiveness of Android-Based Mathematics Learning Media Application on Student Learning Achievement. In Journal of Physics: Conference Series (pp. 1–7). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1594/1/012047


Article View

Abstract views : 1881 times | PDF files viewed : 672 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1141


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mimin Ninawati


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.