PENGGUNAAN BOOK OF SEX EDUCATION ANIMATED CARTOONS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKS SISWA SEKOLAH DASAR
Authors (s)
(1) * Mimin Ninawati   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(2)  Nur Wahyuni   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(3)  Zulfadewina Zulfadewina   (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Jakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractBanyak kasus kejahatan seksual pada anak terjadi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebab tingginya kasus kejahatan seksual pada anak adalah tidak adanya pendidikan seks sejak dini baik dalam keluarga maupun di sekolah. Pendidikan seks pada anak harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak dan menggunakan cara dan media yang mudah dipahami oleh anak. Pendidikan seks pada siswa sekolah dasar sebagian besar mengenai cara kita menjelaskan tentang bagian tubuh dan fungsi tubuh, bagaimana kita mengajar anak-anak untuk merawat, menghargai, dan melindungi tubuhnya, dan ketika kita mempersiapkan anak kita untuk pubertas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan book of sex education animated cartoons untuk meningkatkan pemahaman seks siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest one group design. Teknik analisis yang digunakan adalah uji komparasi dengan paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman seks siswa sebelum dan setelah penggunaan buku ini. Penggunaan buku ini efektif untuk meningkatkan pemahaman seks siswa sekolah dasar.. |
Keywords
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 0 times | PDF files viewed : 0 times10.33650/pjp.v7i2.1141 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mimin Ninawati
This work is licensed under a CC BY-SA
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.