INOVASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN FIQIH

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1340

Authors (s)


(1) * Hendi Sugianto   (Institut Agama Islam Negeri Ternate)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Dalam agama Islam, kedudukan Fiqih sangatlah penting. Di dalamnya memuat seperangkat aturan, norma-norma dan tata nilai sebagai jalan hidup (way of life) bagi umat Islam. Untuk menyampaikan materi Fiqih kepada peserta didik, terutama bagi pemula dibutuhkan tahapan-tahapan, model, metode dan langkah-langkah yang sesuai dengan kapasitas peserta didik yang hendak diajarkan. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tahapan-tahapan, model, metode dan langkah-langkah dalam inovasi pembelajaran mata pelajaran Fiqih pada tingkat Madrasah Tsanawiyah yang masih tergolong pemula. Sebagai materi pokok dalam pelajaran agama Islam, pembelajaran Fiqih harus didesain dengan model, metode dan langkah-langkah dari teori ke praktik dengan tepat. Dengan demikian, peserta didik dengan mudah bisa memahami materi dengan utuh serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.



Keywords

Inovasi Pembelajaran, Fiqih, Teori, Praktik



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 3281 times | PDF files viewed : 1728 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1340


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hendi Sugianto


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.