INOVASI PEMBELAJARAN PAI PADA MATA PELAJARAN FIQIH

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v7i2.1340

Authors (s)


(1) * Hendi Sugianto   (Institut Agama Islam Negeri Ternate)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Dalam agama Islam, kedudukan Fiqih sangatlah penting. Di dalamnya memuat seperangkat aturan, norma-norma dan tata nilai sebagai jalan hidup (way of life) bagi umat Islam. Untuk menyampaikan materi Fiqih kepada peserta didik, terutama bagi pemula dibutuhkan tahapan-tahapan, model, metode dan langkah-langkah yang sesuai dengan kapasitas peserta didik yang hendak diajarkan. Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan tahapan-tahapan, model, metode dan langkah-langkah dalam inovasi pembelajaran mata pelajaran Fiqih pada tingkat Madrasah Tsanawiyah yang masih tergolong pemula. Sebagai materi pokok dalam pelajaran agama Islam, pembelajaran Fiqih harus didesain dengan model, metode dan langkah-langkah dari teori ke praktik dengan tepat. Dengan demikian, peserta didik dengan mudah bisa memahami materi dengan utuh serta mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.



Keywords

Inovasi Pembelajaran, Fiqih, Teori, Praktik



Full Text: PDF



References


Baharun, H., Bali, M. M. E. I., Muali, C., & Munawaroh, L. (2020). Self-Efficacy sebagai Media Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 244–257.

Bali, M. M. E. I. (2020). Interaksi Edukatif Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka dalam Menghadapi Society Era. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 62–76. Retrieved from http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/view/28

Bali, M. M. E. I., & Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-01

Bali, M. M. E. I., Hidayah, N., & AL, S. M. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN Pendidikan Agama Islam. Pustaka Nurja (Vol. 1). Probolinggo: Pustaka Nurja. Retrieved from https://lp3m.unuja.ac.id/bas/strategi-pembelajaran-pendidikan-agama-islam.html

Rozi, F., Bali, M. M. E. I., Firdaus, S., Wijaya, M., Mursyidi, R. A. Al, Haqiki, M. W., & Abidin, Z. (2020). Learning Management; Identifying Learning Styles of Language Learners in Madrasah. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 5(August), 3783–3790.

Depag RI Ditjen Kelembagaan Agama Islam. (t.t.). Kurikulum 2004. Pedoman Khusus Fiqih MTs. Jakarta.

Departemen Agama RI. (t.t.). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi MTs. Jakarta: Depag.

Hamied, Abdul Fuad. (2009). Model Pembelajaran Inovatif di Era Global (Suatu Kajian Perbandingan di Negara Maju). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2).

Razak, Nasrudin. (1985). Dienul Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Shiddieqy, Hasbi Ash. (1987). Pengantar Ilmu Fiqih. Jakarta: Bulan Bintang.

Suhardiyanto, Andi. (2009). Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Konstruktivistik. Jurnal Lembaran Ilmu Pendidikan, 38(1).

Suparlan, dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Bandung: PT. Genesindo.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Undang-undang Sisdiknas, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan pada pasal 19 ayat 1.

Undang-undang Sisdiknas, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar nasional Pendidikan pada pasal 19 ayat 1.


Article View

Abstract views : 490 times | PDF files viewed : 216 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v7i2.1340


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hendi Sugianto


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.