Agus, A. H. (2015). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12.
Akinde, O. A., Harr, D., & Burger, P. (2017). Field Experience: Experiential Learning as Complementary to the Conceptual Learning for International Students in a Graduate Teacher Education Program. International Journal of Higher Education, 6(4), 137-151. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p137
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Butt, G. (1997). Lesson Planning. NT Learning Curve, 1(8), 33-44.
Dick, C., & Carey, L. (2005). The systemtic Design of Instruction. Pearson.
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep Kurikulum dan Kurikulum Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34-44. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Hidayah, L., & Setyo Widodo, G. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dan Lingkungan Kaya Teks Di Sekolah “Studi Asesmen Diri Sekolah Menengah Pertama Di Surabaya.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 178-185. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4289
Hussain, S. T., Lei, S., Akram, T., Haider, M. J., Hussain, S. H., & Ali, M. (2018). Kurt Lewin’s change model: A critical review of the role of leadership and employee involvement in organizational change. Journal of Innovation & Knowledge, 3(3), 123–127. https://doi.org/10.1016/j.jik.2016.07.002
Jiang, Y., Lee, C.-K. J., Wan, Z. H., & Chen, J. (2021). Stricter Teacher, More Motivated Students? Comparing the Associations Between Teacher Behaviors and Motivational Beliefs of Western and East Asian Learners. Brief Research Report, Frontiers in Psychology, 11, 564327, 1-10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.564327
Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan IN House Training (IHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 114-123. https://doi.org/10.47601/ajp.57
Kemendikbud. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2021). Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kottler, J., & Rathgeber, H. (2006). Our Iceberg is Melting. Penguin Random House.
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan, R. (2015). Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 457-467. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Leonard, L. (2016). Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192-201. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643
Nadiem, A. M. (2020). Pemaparan program guru dalam peluncuran merdeka belajar episode 5 tentang “Guru Penggerak.” https://youtu.be/X6vP4AkEsLM
Novitasari, N. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Menciptakan Generasi Muda Berdaya Literasi pada Kampung Sinau Kota Malang. Jurnal Akrab, 11(2), 30-41. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i02.348
Nuangchalerm, P. (2021). Instructional Practices of Secondary Teachers and Students During Covid-19 Pandemic. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 8(1), 194–219. https://doi.org/10.33650/pjp.v8i1.1946
Nurlaila. (2018). Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1(1), 93-112. https://doi.org/10.32923/kjmp.v1i1.900
Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2019). Guru Penggerak dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif. Jurnal Al-Idarah, 11(1), 1-12. https://doi.org/ 10.24042/alidarah.v11i1.7633.
Sholehah, C. (2020). Childhood Mood Disorders During Pandemic; Learning Management Based on Self Discipline. Managere : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 331–344. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.65
Zamjani, I., Aditomo, A., Pratiwi, I., Solihin, L., Hijriani, I., Utama, B., Anggraena, Y., Felicia, N., Simatupang, S. M., Djunaedi, F., Amani, N. Z., & Widiaswati, D. (2020). Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak. Pusat Penelitian Kebijakan Kemendikbud.