Ahimsa, Dedi. (2009). Ibunda Hajar: Kisah Kekuatan Cinta, Iman, dan Pengorbanan. Jakarta: Zaman.
Al Hasyimi, Abdul Hamid. (2001). Mendidik Ala Rasulullah, Bagaimana Rasulullah Mendidik. Jakarta: Pustaka Azam.
Al Naquib, Syed Muhammad Al Attas. (1984). Pendidikan dalam Islam, cetakan III, penerjemah Haidar Bagir. Bandung: Mizan.
Amini, Ibrahim. (2006). Agar Tak Salah Mendidik. Jakarta: Alhuda.
Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metodolgi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak.
An Nahlawi, Abdurrahman. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.
Arief, Armai. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Arifin H. M. (2003). Ilmu Pendidika Islam, Tinjauan Teoretis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bumi Aksara.
Assegaf, Rachman Abd. (2010). Pendidikan Islam Kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baihaqi. (2003). Mendidik Anak dalam Kandungan, Menurut Ajaran Pedagogis Islami. Jakarta: Darul Ulum Press.
Bali, M. M. E. I. (2017a). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. Pedagogik, 04(02), 211–227.
Bali, M. M. E. I. (2017b). Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pondok Pesantren. Al-Tanzim, 1(2), 1–14.
Bali, M. M. E. I. (2018). Implementasi Pendekatan Eklektik Berbasis Sharing Zone. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 152–167.
Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. PALAPA: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–15.
Daradjat, Zakiyah. (1991). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.
________. (1993). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Darma, Susanto dkk. (1994). Dasar-dasar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.
Fathi, Al Mu’thi A’bd Fauzi. (2010). Wanita-wanita Alquran, Kisah Nyata Perempuan-perempuan Hebat yang Dicatat Abadi dalam Kitab Suci. Jakarta: Zaman.
Fauzi, A. (2018a). Konstruksi Pendidikan Pesantren; Diskursus Terhadap Fundamentalisme dan Liberalisme dalam Islam. Al-Tahril IAIN Ponorogo, Vol.18(Islam: Liberalism & Fundamentalism), 89–114.
Fauzi, A. (2018b). Transkulturasi Social Capital Pesantren; Sebagai Paradigma Pendidikan Islam Moderat. 2St Annual Conference For Muslim Scholars, Strengthening The Moderate Vision of Indonesia Islam, II(1), 751–765. Surabaya.
Huda, Miftahul dan Idris, Muhammad. (2008). Nalar Pendidikan Anak. Jogjakarta: Ar Ruz Media.
Ibrahim, Radi Abdul Mahmud. (2009). Wanita-wanita Hebat Pengukir Sejarah, Kisah Memikat di Balik Kesuksesan para Nabi. Jakarta: Almahira.
Ihsan, Hamdani dan Ihsan, Fuad. (1998). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Jazuli, Samiun, Ahzami. (2006). Kehidupan dalam Pendangan Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.
Kinas, Muhammad Syaikh Raji. (2009). Istri-istri para Nabi, Terj. Arif Munadar. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Muhaimin. (1991). Konsep Pendidikan Islam: Sebuah Telaah Komponen Dasar Kurikulum. Solo: Ramadhani.
Muhibinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Mujib, Abdullah. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Fajar Inter Pratama Uffset.
Nata, Abuddin. (2003). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Natawidjaja, Rachman. (1987). Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok. Bandung: Diponegoro.
Raco, J. R. (t.t.). Metode Penelitian Kualitatifm: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Rahman, Abdur Jamaal. (2005). Tahapan Mendidik Anak, Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitul Salam.
Shiddieq, Umay M. Dja’far. (2008). Mewujudkan Keluarga Sakinah dan Membentuk Dzurriyah Thayyibah Cet. III. Jakarta: Al-Ghuraba’.
Shihab, Quraish. (1992). Membumikan Alquran. Bandung: Mizan.