PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK AUTISME

sulaiman sulaiman sulaiman
DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.703



Abstract

Abstrak

Bahan Ajar merupakan sumber bagi guru dalam mengajar dan bagi siswa untuk belajar sehingga sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada dua hal, 1) Mendeskripsikan proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa autisme di Sekolah Khusus Cahaya Bangsa Pontianak, 2) Mengembangkan bahan untuk mendorong siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan satu set bahan belajar-mengajar bahasa Inggris yang cocok bagi siswa autismee.

Peneliti menyadari karakteristik khusus siswa dengan autisme, beberapa langkah harus diambil sebelum peneliti mengembangkan bahan ajar. Pertama langkah yang diambil adalah untuk meninjau silabus, dalam tahap ini peneliti mengevaluasi bagian mana silabus harus dikembangkan. Silabus yang direview oleh peneliti akan diproses ke langkah yang kedua, dilangkah kedua peneliti membuat rencana pelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan kegiatan pengelolaan kelas. Langkah ketiga adalah mengintegrasikan kebutuhan siswa dengan desain bahan ajar. Hasil integrasi bahan ajar kemudian dapat mendorong keterlibatan siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan dan konsentrasi para siswa autisme dalam berinteraksi dengan berbagai materi pelajaran yang disajikan. Hal ini dapat terlihat dari bahan ajar multimedia yang dibuat oleh peneliti mengandung kegiatan secara fisik dan kelompok. Kedua kegiatan tersebut merupakan peranan yang penting bagi siswa untuk terlibat secara aktif dan efektif dalam menjalin komunikasi. Dalam hal ini para siswa dapat menyampaikan ide-ide didalam kelompok ketika diberikan tugas dan secara alami para siswa melakukan kegiatan secara fisik lebih aktif.

Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan Ajar

 



Keywords

Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan Ajar

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational Research: an Introduction (7th ed.).

New York: Longman, Inc.

Delphi, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Setting Pendidikan

Inklusi. Bandung: Refika Aditama.

Dewi. R, P. 2012. Penentuan Cakupan, Urutan Materi, dan Penentuan Materi Pembelajaran. Disajikan pada mata kuliah bahan ajar dan media pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Dick & Carey .2005. Selected Styles in Web-Based Educational Research. Canada: Idea Group Inc.

Mack, N. et al. 2005. Qualitative Research Methods: A Data Collector’s Field

Gide. Available at (http://www.fhi.org,diakses 20 Januari 2019.)

Moore, D. & Taylor, J. 2006. Interactive multimedia systems for students with autism. Journal of Educational Multimedia, 25, 169-177

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung

Persada Press.

Nisa. 2009. Model Pembelajaran yang Efektif bagi Penderita Autisme. (Blog

Online),(http://www.borobudurbiz.com/, diakses 19 Februari 2016).

Ruble, L, PhD, & Gallagher, T.2011. Autismem Spectrum Disorders: Primer for Parents and Edocators, University of Louisville HealthSciences Center: National Association of School Psychologists

Shane. 1982. An Introduction Excepetional Children. United States: WCB. Semmel D.S., Semmel M. I. 1974. Instructional Development for Training

Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Boston: Follet Publishing

Company.

Sutopo, A. H. 2002. Analisis Dan Desain Berorientasi Objek. Penerbit Graha Ilmu.

Jakarta.

Sutopo, A. H. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Penerbit Graha Ilmu.

Jakarta.

Stokes. S. (2005). Autism Spectrum Disorder Series Structured Teaching: Strategies for Supporting Students with Autism?. Retrieved October 20,

, from https://www.cesa7.org/sped/autism/structure/str1.htm

Thompson. J. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Esensi Erlangga

Group.


Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v6i2.703


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 sulaiman sulaiman sulaiman


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.