PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BAGI ANAK AUTISME
AbstractAbstrak Bahan Ajar merupakan sumber bagi guru dalam mengajar dan bagi siswa untuk belajar sehingga sangat penting dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada dua hal, 1) Mendeskripsikan proses belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa autisme di Sekolah Khusus Cahaya Bangsa Pontianak, 2) Mengembangkan bahan untuk mendorong siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan satu set bahan belajar-mengajar bahasa Inggris yang cocok bagi siswa autismee. Peneliti menyadari karakteristik khusus siswa dengan autisme, beberapa langkah harus diambil sebelum peneliti mengembangkan bahan ajar. Pertama langkah yang diambil adalah untuk meninjau silabus, dalam tahap ini peneliti mengevaluasi bagian mana silabus harus dikembangkan. Silabus yang direview oleh peneliti akan diproses ke langkah yang kedua, dilangkah kedua peneliti membuat rencana pelajaran yang bertujuan untuk membantu guru dalam melakukan kegiatan pengelolaan kelas. Langkah ketiga adalah mengintegrasikan kebutuhan siswa dengan desain bahan ajar. Hasil integrasi bahan ajar kemudian dapat mendorong keterlibatan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterlibatan dan konsentrasi para siswa autisme dalam berinteraksi dengan berbagai materi pelajaran yang disajikan. Hal ini dapat terlihat dari bahan ajar multimedia yang dibuat oleh peneliti mengandung kegiatan secara fisik dan kelompok. Kedua kegiatan tersebut merupakan peranan yang penting bagi siswa untuk terlibat secara aktif dan efektif dalam menjalin komunikasi. Dalam hal ini para siswa dapat menyampaikan ide-ide didalam kelompok ketika diberikan tugas dan secara alami para siswa melakukan kegiatan secara fisik lebih aktif. Kata Kunci: Autisme, Bahasa Inggris, Bahan Ajar
|
Keywords
Full Text:
References
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational Research: an Introduction (7th ed.).
New York: Longman, Inc.
Delphi, B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Setting Pendidikan
Inklusi. Bandung: Refika Aditama.
Dewi. R, P. 2012. Penentuan Cakupan, Urutan Materi, dan Penentuan Materi Pembelajaran. Disajikan pada mata kuliah bahan ajar dan media pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Dick & Carey .2005. Selected Styles in Web-Based Educational Research. Canada: Idea Group Inc.
Mack, N. et al. 2005. Qualitative Research Methods: A Data Collector’s Field
Gide. Available at (http://www.fhi.org,diakses 20 Januari 2019.)
Moore, D. & Taylor, J. 2006. Interactive multimedia systems for students with autism. Journal of Educational Multimedia, 25, 169-177
Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung
Persada Press.
Nisa. 2009. Model Pembelajaran yang Efektif bagi Penderita Autisme. (Blog
Online),(http://www.borobudurbiz.com/, diakses 19 Februari 2016).
Ruble, L, PhD, & Gallagher, T.2011. Autismem Spectrum Disorders: Primer for Parents and Edocators, University of Louisville HealthSciences Center: National Association of School Psychologists
Shane. 1982. An Introduction Excepetional Children. United States: WCB. Semmel D.S., Semmel M. I. 1974. Instructional Development for Training
Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Boston: Follet Publishing
Company.
Sutopo, A. H. 2002. Analisis Dan Desain Berorientasi Objek. Penerbit Graha Ilmu.
Jakarta.
Sutopo, A. H. 2003. Multimedia Interaktif Dengan Flash. Penerbit Graha Ilmu.
Jakarta.
Stokes. S. (2005). Autism Spectrum Disorder Series Structured Teaching: Strategies for Supporting Students with Autism?. Retrieved October 20,
, from https://www.cesa7.org/sped/autism/structure/str1.htm
Thompson. J. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Esensi Erlangga
Group.
10.33650/pjp.v6i2.703 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 sulaiman sulaiman sulaiman
This work is licensed under a CC BY-SA
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.