Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Adawiyah, N. R., Akil, A., & Abidin, J. (2022). Karakteristik Pendidikan Agama Islam di Madrasah Prespektif Kebijakan Pendidikan. PeTeKa, 5(3), 317–325.
Aisah, I., Achmad, A., Khoeriah, N. D., & Sudrajat, A. (2021). Management of infrastructure in improving the quality of vocational high school graduates. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(4), 172–189.
Badrudin, B., Saputra, F. R., Munawaroh, L. T., Hidayat, H., & Jaelani, M. S. (2023). Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren di MI Al-Khudamat Sumedang. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(01), 28-32.
Baharun, H., & Diana, U. (2023). Consumer Behavior in Choosing Madrasah Education Institutions: Kotler’s Perspective. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 52–67.
Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. (2021). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Pada SMA yang Terakreditasi A. Sebatik, 25(2), 367–372.
Fachrudin, Y. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Sekolah Berbasis Pesantren. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 91–108.
Fathurrochman, I., Sholeha, F., Dhania, R., & Yanti, Y. F. (2022). Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di Mts Alhidayah Muara Telang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1347–1362.
Firdausy, A. (2022). Pesantren-Based Experiential Marketing; Sense Emotional Analysis in Building Customer Loyality. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 4(3), 259-269.
Handoko, M. D. (2021). Standar Penyelenggaraan Pendidikan Nasional. Jurnal Dewantara, 10(02), 131–146.
Hardani, H., Andriani, H., Ustiawaty, J., & Utami, E. F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu.
Hasanah, R. (2021). Kenakalan Remaja Sebagai Salah Satu Bentuk Patologi Sosial (Penyakit Masyarakat). Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(3), 343–354.
Kabul, T. F. L. H., & Mubarok, A. (2023). Relevansi Kurikulum Pondok Pesantren Terhadap Kompetensi Santri Di Abad 21:(Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Kabupaten Nganjuk). Ability: Journal of Education and Social Analysis, 112-124.
Maduningtias, L. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 323–331.
Munastiwi, E. (2015). The Management Model of Vocational Education Quality Assurance Using ‘Holistic Skills Education (Holsked)’. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 204, 218-230.
Mustakim, M. (2020). Rekognisi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Di Indonesia. Dalam Ransformasi: Jurnal Kepemimpinan Dan Pendidikan Islam, 3(2), 28–41.
Ningtias, R. W. (2019). Quantum Leadership of Teacher in Improving The Quality of Education Based on Pesantren. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 7(1), 01-33.
Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Kahfi, A., & Hudriyah, H. (2022). Transformational Leadership in The Development of A Quality Culture Of Madrasah (Research Problems at MTs and MA Pondok Pesantren Rafah Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(02), 71-83.
Oztemel, E., & Gursev, S. (2020). Literature review of Industry 4.0 and related technologies. Journal of Intelligent Manufacturing, 31(1), 127–182. doi: 10.1007/s10845-018-1433-8
Pramungkas, P. R. (2020). Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Information Communication Technology (ICT) Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Siswa Di Lingkungan Pesantren. AFKARINA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–18.
Prasetyo, M. A. M., Salabi, A. S., & Muadin, A. (2021). Mengelola Efektivitas Organisasi Pesantren: Model Kesesuaian Budaya Organisasi. Fenomena, 13(01), 41–62.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rasmuin, R., & Ilmi, S. (2021). Strategi implementasi pendidikan karakter di masa pandemi Covid-19: Studi kasus di MAN 2 Banyuwangi. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 4(1), 17–36.
Ridho, M. R., & Tumin, T. (2023). Upaya Penyadaran Pecandu Narkoba Melalui Nilai Religiusitas di Panti Rehabilitasi Pondok Tetirah Dzikir Yogyakarta. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA), 3(1), 21-37.
Rizal, M. S. (2023). Manajemen Mutu Pendidikan di SMP Islam Al Arief Muaro Jambi Berbasis Pesantren. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(2), 125–143.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. AL-IBRAH, 8(1), 67–85.
Rosnawati, R., Hantoro, R. R., Saripuddin, S., Milasari, M., Maisah, M., & Jamrizal, J. (2022). Pengelolaan Pondok Pesantren Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 623–634.
Setiawan, D., Bafadal, I., Supriyanto, A., & Hadi, S. (2020). Madrasah berbasis pesantren: Potensi menuju reformasi model pendidikan unggul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 34–43.
Shava, G. N., Heystek, J., & Chasara, T. (2021). Instructional leadership: Its role in sustaining school improvement in South African schools. International Journal of Social Learning (IJSL), 1(2), 117–134.
Silfiyasari, M., & Zhafi, A. A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 127–135.
Sirojuddin, A., Amirullah, K., Rofiq, M. H., & Kartiko, A. (2022). Peran Sistem Informasi Manajemen dalam Pengambilan Keputusan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Pacet Mojokerto. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 3(1), 19–33.
Syafaruddin, S., Rifa’i, M., & Brutu, D. W. (2022). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Lulusan. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 183–190.
Zamroni, Z., Mundiri, A., & Rodiyah, H. (2022). Quantum Attraction of Kyai’s Leadership in Indonesian Pesantren. Dinamika Ilmu, 22(1), 187-199.