ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.729

Authors (s)


(1) * Hendra Nelva Saputra   (Universitas Muhammadiyah Kendari)
(*) Corresponding Author

Abstract


Proses pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung dengan efektif apabila ada interaksi antara guru dan siswa. Interaksi tersebut dapat berupa respon yang diberikan oleh guru terhadap pertanyaan siswa atau sebaliknya. Untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan digunakan lembar angket yang berisi butir-butir pernyataan tentang pembelajaran yang dilaksanakan dan lembar observasi aktivitas siswa. Tujuan pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respon guru dan siswa terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kimia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respon guru dan siswa berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket terlihat bahwa guru dan siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model siklus belajar hipotesis deduktif dalam pembelajaran kesetimbangan kimia dilihat dari skor rerata tanggapan guru yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali, skor rerata aktivitas siswa tiap pertemuan dan skor rerata tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang terkategori baik sekali.




Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 4236 times | PDF files viewed : 2903 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v6i2.729


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hendra Nelva Saputra


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.