PENGEMBANGAN APLIKASI PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.735

Authors (s)


(1) * M. Taufik Qurohman   (Politeknik Harapan Bersama)
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada pembelajaran pada DIII Teknik Mesin khususnya pada matakuliah Matematika terapan 2 diperlukan suatu model pembelajaran menarik dan dapat memberikan peningkatan pada prestasi mahasiswa khususya pada pemecahan masalah. Model pembelajaran Berbantuan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android diharapkan mampu memberikan solusi kepada mahasiswa untuk meningkatkan daya tarik dan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini mengoptimalisasi model pembelajaran Berbantuan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Pada proses penelitian yang telah berlangsung maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) Penggunakan model pengembangan 3-D (modifikasi dari 4-D) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika terapan 2 dengan bantuan Aplikasi Android, dimana perangkat yang terdiri dari RPS, RPP dan Aplikasi Android. Perangkat pembelajaran yang melalui proses validasi dan dinyatakan valid oleh pakar dibidangnya, maka perangkat pembelajaran matematika yang dikembangkan dengan Aplikasi Android dalam penelitian ini menjadi valid, (2) Penggunaan Aplikasi Android pada kelas eksperimen lebih baik dari kemampuannya pada kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan proses pembelaran dikelas dengan pembelajaran konvensional.



Keywords

Pembelajaran, Matematika Terapan 2, Aplikasi Android



Full Text: PDF



References


Fatimah, F., 2013. Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah melalui PBL. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 16(1), pp.249-259.

Fitriyadi, H., 2013. Keterampilan TIK Dosen Produktif SMK di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Hariyati, E. and Usodo, B., 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Berbantuan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android (PBL) Pada Prestasi Belajar Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.

Jones, P., Simmons, G., Packham, G., Beynon-Davies, P. and Pickernell, D., 2014. An exploration of the attitudes and strategic responses of sole-proprietor micro-enterprises in adopting information and communication technology. International Small Business Journal, 32(3), pp.285-306.

Purbasari, R.J., Kahfi, M.S. and Yunus, M., 2013. Pengembangan aplikasi android sebagai media pembelajaran matematika pada materi dimensi tiga untk siswa SMA kelas X. Jurnal Online Universitas Negeri Malang, 1(4).

Marzal, J., 2013. Pengembangan Keterampilan dan kemampuan TIK Dosen Matematika dan IPA Kota Jambi Melalui E-Tutorial Berbasis Kebutuhan Dosen (Teacher’s Need). Jurnal Tekno-pedagogi, 3(1).

Yadav, A., Subedi, D., Lundeberg, M.A. and Bunting, C.F., 2011. Problem‐based Learning: Influence on Students' Learning in an Electrical Engineering Course. Journal of Engineering Education, 100(2), pp.253-280.


Article View

Abstract views : 1742 times | PDF files viewed : 1051 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v6i2.735


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 M. Taufik Qurohman


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.