Merdeka Belajar dalam Pendidikan Indonesia



Authors (s)


(1) * Ansori Ansori   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(2)  Fita Putridianti   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(3)  Badrul Mudarris   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(4)  Suhermanto Suhermanto   (Universitas Nurul Jadid)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pendidikan adalah menjadikan peserta didik tidak hanya cerdas dalam intelektual tetapi juga memiliki karakter karakter yang baik dan Sistem pendidikan juga harus mengikuti perkembangan jaman. Sistem pendidikan harus dapat menghasilkan peserta didik milenial yang mampu bersaing dalam menghadapi era industri 4.0. Di era industri 4.0 semua berbasis digital, oleh karena itu sistem pendidikan di Indonesia selalu mengalami perbaikan dan perubahan. Perubahan dalam pendidikan diawali dengan pidato Mendikbud Nadiem Makarim yang mengusulkan tentang gerakan “ Merdeka Belajar “. Dalam merdeka belajar ada empat kebijakan yang diusulkan oleh Mendikbud yaitu pertama USBN diganti ujian (asesmen), kedua 2021 UN diganti dengan Asessment Kompetensi Minimum ( AKM ), dan Survey Karakter (SK ), ketiga RPP dipersingkat, keempat Zonasi PPDB lebih fleksibel. Usulan Mendikbud ini adalah untuk mengubah pola lama dalam pendidika yang hanya mementingkan penguasaan materi saja. Sehingga peserta didik tidak dapat berfikir kritis dan inovatif. Merdeka belajar usulan Nadiem, memiliki maksud bahwa guru merdeka memiliki makna unit pendidikan atau sekolah guru dan muridnya mempunyai kebebasan untuk berinovasi, belajar dengan mandiri, dan kreatif.

 



Keywords

Merdeka Belajar, Era Industri4.0



Full Text: PDF



Article View

Abstract views : 137 times | PDF files viewed : 3247 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 fita putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Address:

Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam

Pascasarjana Universitas Nurul Jadid 

Karanganyar, Paiton, Probolinggo

Kode Pos: 67291

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan is published by Islamic Educational Management of Postgraduate Program of Nurul Jadid University, East Java, Indonesia