Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Siti Halimatus Syakdiyah
DOI: https://doi.org/10.33650/jumpa.v3i1.5402



Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami tentang bagaimana cara upaya kepala sekolah  dalam membangun kinerja pendidik dan tenaga kependidikan di TK 1 PGRI SUMBERMALANG, dengan memfokuskan upaya kepala sekolah dalam membangun kinerja pendidikan dan tenaga kepedidikan menerapkan pola kepemimpinan yang tidak biasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, di mana peneliti berusaha untuk memahami fenomena yang terjadi di lembaga tersebut, melalui interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa banyak yang bisa dilakukan oleh kepala sekolah dalam membangun kinerja pendidik dan tenaga pendidikan di TK 1 PGRI  Sumbermalang yaitu dengan hal berikut: Kepala sekolah berperilaku terbuka kepada bawahan, Kepala sekolah bersikap adil dalam memberikan tugas, Kepala sekolah sigap dalam mengambil keputusan, Kepala sekolah menerapkan pengawasan, Meningkatkan pengembangan kinerja, Kepala sekolah mampu membangun komunikasi, Kepala sekolah mampu memberikan motivasi terhadap bawahan.

 



Keywords

Kepala Sekolah, Kinerja Kependidikan, Tenaga Kependidikan.

Full Text:

PDF

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/jumpa.v3i1.5402


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 fita putri

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan 
Published by Postgradute Program of Nurul Jadid University, East Java, Indonesia