Memberdayakan Metakognisi dengan Mind Map untuk Optimalisasi Kualitas Produk Hasil Belajar Mahasiswa

DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.805

Authors (s)


(1) * ema aprilisa   (Universitas Negeri Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar dapat digunakan menjadi salah satu acuan untuk menilai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Hasil belajar berupa produk menjadi salah satu aspek penting yang bisa mencerminkan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini akan membuktikan pentingnya pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar. Pemberdayaan metakognisi tersebut difasilitasi dengan penggunaan mind map selama proses pembelajaran. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode triangulasi melalui analisis hasil angket, hasil wawancara, serta nilai produk hasil belajar. Ketiga data tersebut kemudian dikolaborasikan untuk menarik kesimpulan tentang pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar melalui penggunaan mind map. Hasilnya, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mind map mampu memfasilitasi pemberdayaan metakognisi. Keberhasilan pemberdayaan metakognisi tersebut juga diiringi dengan tercapainya hasil belajar yang memuaskan, dalam hal ini penyusunan produk hasil belajar berupa RPP. Selain membuktikan keunggulan mind map sebagai alat untuk memberdayakan kemampuan metakognisi, penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan keberhasilan menguasai metakognisi dengan keberhasilan pencapaian hasil belajar, khususnya pembuatan produk sebagai hasil belajar.


Keywords

metakognisi, mind map, peta pikiran, hasil belajar, optimalisasi hasil belajar



Full Text: PDF



References


Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Corebima, Aloysius Duran. (2006). Metakognisi: Satu Ringkasan Kajian. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Strategi Metakognitif pada Pembelajaran Biologi untuk Guru-guru Biologi di SMA Kota Palangkaraya tanggal 23 Agustus 2006 (Tidak diterbitkan).

D'Antoni, Zipp, dan Olson. (2009). Interrater Reliability of the Mind Map Assessment Rubric In a Cohort of Medical Students. (Online), BMC Medical Education volume 9, Article number: 19 (http://www.biomedcentral.com/1472-6920/9/19), diakses tanggal 28 Agustus 2019.

DePorter, et al. (2000). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Gunawan, Adi. 2003. Born to be a Genius. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Livingston, Jennifer. 2003. Metacognition: An Overview. (Online), (https://eric.ed.gov/?id=ED474273), diakses tanggal 25 Agustus 2019.

Martinez, Michael. 2006. What is Metacognition? (Online), (http://www.accessmylibrary.com/coms2/summary_0286-15424765_ITM), diakses tanggal 20 Agustus 2019

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Susanti, Endang. 2004. Strategi Metakognitif dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Genetika di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 12 : 62-75.


Article View

Abstract views : 133 times | PDF files viewed : 145 times

Dimensions, PlumX, and Google Scholar Metrics

10.33650/pjp.v6i2.805


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 ema aprilisa


This work is licensed under a CC BY-SA

Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.