Memberdayakan Metakognisi dengan Mind Map untuk Optimalisasi Kualitas Produk Hasil Belajar Mahasiswa
Authors (s)
(1) * ema aprilisa   (Universitas Negeri Yogyakarta)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author
AbstractHasil belajar dapat digunakan menjadi salah satu acuan untuk menilai keberhasilan suatu proses pembelajaran. Hasil belajar berupa produk menjadi salah satu aspek penting yang bisa mencerminkan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini akan membuktikan pentingnya pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar. Pemberdayaan metakognisi tersebut difasilitasi dengan penggunaan mind map selama proses pembelajaran. Data pada penelitian ini diperoleh dengan metode triangulasi melalui analisis hasil angket, hasil wawancara, serta nilai produk hasil belajar. Ketiga data tersebut kemudian dikolaborasikan untuk menarik kesimpulan tentang pemberdayaan metakognisi untuk mengoptimalkan kualitas produk hasil belajar melalui penggunaan mind map. Hasilnya, penelitian ini berhasil membuktikan bahwa mind map mampu memfasilitasi pemberdayaan metakognisi. Keberhasilan pemberdayaan metakognisi tersebut juga diiringi dengan tercapainya hasil belajar yang memuaskan, dalam hal ini penyusunan produk hasil belajar berupa RPP. Selain membuktikan keunggulan mind map sebagai alat untuk memberdayakan kemampuan metakognisi, penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan keberhasilan menguasai metakognisi dengan keberhasilan pencapaian hasil belajar, khususnya pembuatan produk sebagai hasil belajar.
|
Keywords
metakognisi, mind map, peta pikiran, hasil belajar, optimalisasi hasil belajar
Full Text: PDF
Article View
Abstract views : 154 times | PDF files viewed : 166 times10.33650/pjp.v6i2.805 |
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 ema aprilisa
This work is licensed under a CC BY-SA
Published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia.