STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN



Authors (s)


(1) * Hamimah Sri Handayani   (Universitas Nurul Jadid Paiton)  
        Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The objectives of this study can be formulated as follows: 1) Analyzing and understanding the procedures in implementing the principal's strategy in developing teacher pedagogic competencies to improve the quality of learning at SMP Negeri 2 Leces. 2) Analyze and understand the pattern of teacher pedagogic competence development that will be carried out to improve the quality of learning at SMP Negeri 2 Leces. 3) Analyze and understand the standard of learning quality that will be improved at SMP Negeri 2 Leces. This study uses a descriptive qualitative approach. The instruments in this study are as follows: 1) Observation Sheets, 2) Archives and Documentation, and 3) Relevant literature. The principal uses the supervision technique as a general approach in the strategy used to determine the level of teacher pedagogic competence. This approach is being and will be used by school principals in the long term because it is in accordance with Permendikbud Number 22 of 2016 concerning Process Standards and Government Regulation Number 74 of 2008 concerning Teachers. The principal determines the pattern of teacher pedagogic competence development that will be carried out to improve the quality of the learning process at SMP Negeri 2 Leces which consists of: 1) Direct Coaching, 2) Indirect Coaching, and 3) Situational Coaching. The quality standards set by the Principal at SMP Negeri 2 Leces can be divided into 3 (three) aspects, namely 1) learning planning, 2) learning implementation, and 3) learning assessment

 

Tujuan penulis artikel ini untuk mengetahui Trust Building Total Quality Management, Tujuan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Menganalisis dan memahami prosedur dalam melaksanakan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 2 Leces. 2) Menganalisis dan memahami pola pengembangan kompetensi pedagogik guru yang akan dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Negeri 2 Leces. 3) Menganalisis dan memahami standar mutu pembelajaran yang akan ditingkatkan di SMP Negeri 2 Leces. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Lembar Observasi, 2) Arsip dan Dokumentasi, dan 3) Literatur yang relevan. Kepala sekolah menggunakan teknik supervisi sebagai pendekatan umum dalam strategi yang digunakan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru. Pendekatan ini sedang dan akan digunakan kepala sekolah dalam jangka panjang karena sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Kepala sekolah menentukan pola pengembangan kompetensi pedagogik guru yang akan dilakukan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Leces yang terdiri dari: 1) Pembinaan Langsung, 2) Pembinaan Tidak Langsung, dan 3) Pembinaan Situasional. Standar mutu yang ditetapkan Kepala Sekolah di SMP Negeri 2 Leces dapat dibagi menjadi 3 (tiga) aspek yakni: 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian pembelajaran



Keywords

Principal Strategy, Pedagogic Competence, Learning Quality Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Mutu Pembelajaran



Full Text: PDF



References


Aslamiah, dan A. S. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 234–247. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828

Baharun, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Sistem kepemimpinan Kepala Madrasah. (Jurnal Ilmu Tarbiyah at-Tajdid), 6(1), 1–26.

Bahreisy, H. S. B. dan H. S. (2004). Terjemah Singkat Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Surabaya: PT. Bina Ilmu, 402.

Crosby, B. Y. P. B. (1979). How To Manage Quality So That It Becomes A Source Of Business Profits. “The Executive Who Spends Half A May Find It One Of The Most About The Author.” New York:New American Library, 8.

Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah. Bandung, PT Bumi Aksara, 46.

Hamzah. (2007). Profesi Kependidikan, Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hefniy, & R. N. F. (n.d.). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepegawaian. (Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2019), 3(1), 169–197. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim

Leces, S. N. 2. (2019). Rapor Mutu 2019.

LPPKSPS. (2020). 3. supervisi guru dan tenaga kependidikan. LPPKSPS.

Mahmudin, H. I. (2018). Manajemen Mutu Terpadu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Seminar Nasional (pp. 143-15). (Bogor: Universitas Ibnu Khaldun).

Mendikbud RI. (2016). Permendikbud RI No 22 Tahun 2016. In (Jakarta, Mendikbud RI).

Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. In (Bandung, PT Remaja Rosdakarya, 2002).

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 103–104.

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mundiri, A. (2014). Rekontruksi Epistemologi Pendidikan Islam Berbasis Spirit Integralistik. At-Turas, Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 23.

Presiden RI. (2013). Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013. Presiden RI.

Rahman, M. L. (2020). Model Pengembangan Mutu Pendidikan Dalam Perspekstif Philip. B. Crosby. EL Bidayah Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 41–56.

Rooijakkers, A. (1991). Mengajar dengan Sukses. (Jakarta, PT. Grasindo: Jakarta).

Sahidah, A. (2015). Pelaziman Keutamaan (Kesalehan) Menuju Kebahagiaan: Sebuah Ikhtiar Pendidikan Kepekaan Eksistensial dalam Pembelajaran Manejemen dan Bisnis. Http://Digilib.Mercubuana.Ac.Id/Manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_227166712682.Pdf, 273–283.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian AlQur’an. Volume 15. Cetakan I. Jakarta: Lentera Hati, 15, 454.

Sugiono, S. (2018). Strategic Planning: Shaping or Emerging From Organisations. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 177–184. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.399

Wafa, A. (2017). Peningkatan Mutu Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar Di MTsN Sumber Bungur Pamekasan. Kabilah, 2(2), 237–253.

Winkel, W. (1991). Psikologi Pengajaran. (Jakarta, Gramedia, 1991).


Article View

Abstract views : 81 times | PDF files viewed : 43 times



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hamimah Sri Handayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Address:

Prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam

Pascasarjana Universitas Nurul Jadid 

Karanganyar, Paiton, Probolinggo

Kode Pos: 67291

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan is published by Islamic Educational Management of Postgraduate Program of Nurul Jadid University, East Java, Indonesia