Evaluasi Kurikulum di Madrasah: Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran

Khoirun Nisa'




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi kurikulum dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi di MA Arriyadlah Pandean Paiton. Teknik pengumpulan data melalui 2 instrumen yaitu observasi dan wawancara yang dilakukan kepada 4 informan (kepala madrasah, wakil kurikulum, dan 2 wali kelas). Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan kegiatan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Validitas data dengan proses triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kurikulum di madrasah sangat penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Evaluasi kurikulum yang sistematis dan partisipatif diperlukan untuk memastikan kurikulum tetap relevan dan efektif dalam memenuhi kebutuhan siswa. Melalui peningkatan kompetensi guru, metode pengajaran yang lebih interaktif dan dukungan dari semua pemangku kepentingan termasuk guru, siswa, orang tua, dan pengelola madrasah. Dengan demikian, madrasah dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang kompeten, berakhlak mulia, dan siap menghadapi tantangan global.


Full Text:

PDF

References

Adhimiy, Syafiqiyah. 2018. “Curriculum Development Through Creative Lesson Plan.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 16 (1): 41. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1164.

Adhimiy, Syafiqiyah. 2018. “Curriculum Development Through Creative Lesson Plan.” Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan 16 (1): 41. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i1.1164.

Adipratama, Zoga. 2018. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Sekolah Alam Berciri Khas Islam.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1 (3): 372–80. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p372.

Alfiansyah, Muhammad, Yuni Afrilita, Sunan Kalijaga Yogyakarta, and U I N Sumatera Utara. 2021. “Desain Manajemen Kurikulum Sekolah Umum” 14: 116–33.

Alkatiri, Rahmawaty. 2022. “Manajemen Kurikulum Madrasah Aliyah Berorientasi Merdeka Belajar Di Sulawesi Utara.” Journal of Islamic Education Leadership 2 (1): 73–86. https://doi.org/10.30984/jmpi.v2i1.444.

Angga, Angga, Cucu Suryana, Ima Nurwahidah, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” Jurnal Basicedu 6 (4): 5877–89. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Arifin, Samsul. 2024. “Educazione : Journal of Education and Learning Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Ahlussunnah Wal Jama ’ Ah Dalam Best Practice Pendidikan Islam” 01 (02): 28–44.

Baharun, Hasan, Abd Hamid Wahid, Chusnul Muali, Fathor Rozi, and Muhammad Wahyu Fajry. 2022. “Building Public Trust in Islamic School Through Adaptive Curriculum.” Jurnal Pendidikan Islam 8 (1): 1–14. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.17163.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. 2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1 (02): 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Fauziah, Ni. 2021. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Inklusi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta” 3: 662–70.

Fitriyah, Chumi Zahroul. 2022. “Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12 (3): 236–43. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243.

Jayadi, Taupan, Muhammad Thohri, Fathul Maujud, and Safinah Safinah. 2024. “Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah Dengan Kurikulum Pesantren Dalam Meningkatkan Moderasi Beragama.” Jurnal Manajemen Dan Budaya 4 (1): 105–19. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.640.

Kholik, Abdul, Hasan Bisri, Zahra Khusnul Lathifah, Berliana Kartakusumah, Mustholah Maufur, and Teguh Prasetyo. 2022. “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen Dan Mahasiswa.” Jurnal Basicedu 6 (1): 738–48. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045.

Laksono, Tio Ari. 2022. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan” 4 (3): 4082–92.

Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, and Anjani Putri Belawati Pandiangan. 2022. “Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial 1 (3): 290–98. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53.

Nisa Fadillah, Chairun. 2023. “Telaah Ragam Kurikulum Pendidikan Guru Paud Berbasis Kkni Dan Mbkm.” Jurnal Rinjani Pendidikan Anak Usia Dini 1 (1): 1–15. https://jurnalrinjanipendidikan.com/index.php/JR-PAUD/article/view/32.

Primayana, Kadek Hengki, Sekolah Tinggi, Agama Hindu, Negeri Mpu, and Kuturan Singaraja. 2020. “Peran Desain Evaluasi Pembelajaran” 4 (2).

Rahayu, Vina Putri. 2023. “Evaluasi Kurikulum” 05 (03): 5692–99.

Rouf, Muhammad. 2023. “Integrasi Manajemen Kurikulum Madrasah Dengan Pesantren.” Prosiding Seminar Internasional 1 (1): 238–56.

Sartika, Devi, Kusen Kusen, Sumarto Sumarto, and Rafik Darmansyah. 2024. “Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Aliyah Ulul Albab Kota Lubuk Linggau.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 7 (1): 18–28. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah/article/view/1099.

Sauri, Anang Sufyan, Hisbullah Huda, Histori Naskah, Desain Kurikulum Pendidikan, Era Globalisasi, and Desain Pembelajaran. 2022. “Educational Journal of Islamic Management ( EJIM ) Teori Dan Desain Kurikulum Pendidikan Di Sd-Smp-Sma Di Era Globalisasi Educational Journal of Islamic Management ( EJIM ),” 92–100.

Sayuti, Ahmad. 2021. “Strategi Manajemen Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan.” Al Fatih 1 (1): 53–59.

Suryaman, M. 2020. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar,” 13–28.

Suryana, Yaya. 2018. “Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 3 (1): 89–98. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3287.

Umam, Moh Rizal. 2023. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam” 15 (1): 1–16.

Widodo, Hadi. n.d. “Pelaksanaan Evaluasi Kurikulum Di Mts Al-Jihad” III (2): 230–39.




Refbacks

  • There are currently no refbacks.